Friday, January 17, 2020

es goyobod

Es Goyobod, Perpaduan Manis Selera Sunda dan Sentuhan Tionghoa

2.jpg
Jalan-jalan ke Bandung untuk kuliner merupakan pilihan wajib untuk kamu yang senang kulineran. Bandung seolah menjadi surga kuliner di seantero Nusantara. Salah satu kuliner yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi Bandung adalah Es Goyobod. Meskipun berasal dari Garut, tapi Es Goyobod akan banyak kamu temukan juga di Bandung.
Es Goyobod biasa disajikan dalam sebuah gelas atau mangkuk kecil. Dari seporsi Es Goyobod, kamu bisa menikmati kenyalnya aci, gurih dan lembutnya potongan roti tawar, manisnya pacar cina, sensasi asam-manis dari tapai singkong, dan rautan buah kelapa yang menyegarkan dalam satu suapan. Kuahnya yang berbahan santan dan susu pun akan semakin memanjakan lidahmu.
5.jpg
Anggi Aldila dari komunitas belajar sejarah di Bandung, Aleut, memaparkan beberapa versi mengenai asal mula penamaan Goyobod.
“Ada yang bilang dari bahasa Belanda yang berarti basah, tapi dalam kamus Sunda RA Danadibrata, Goyobod berarti campuran minuman yang terbuat dari tepung kanji, yang diiris persegi, dicampur sirup dan gula merah.Nama ini sebenarnya sama pembahasannya dengan yang ada di KBBI. Anggi pun memaparkan sejarah Es Goyobod di Bandung. Di Bandung, Es Goyobod yang cukup terkenal ada di kawasan Pasar Baru yang memang berjualan sejak zaman Belanda (1943). Penjualnya merupakan orang asal Garut sehingga Es Goyobod juga sering disebut dari Garut.
“Mungkin ini salah satu yang melatarbelakangi banyak penjual Es Goyobod yang berasal dari Garut,” jawab kang Anggi saat ditanya mengenai hikayat Es Goyobod di Bandung.
Salah satu keunikan Es Goyobod, menurut Anggi, adalah dari bahan utamanya yaitu Hun Kwe. Hun Kwe adalah semacam bahan adonan dari Tionghoa.
“Jadi ada perpaduan unsur Tionghoanya di Goyobod ini dan sangat jarang juga es yang bahan utamanya dari Hun Kwe,”Kini, Es Goyobod menjadi primadona di Jawa Barat. Bahkan warga di luar Jawa Barat pun rela berkorban jarak dan waktu untuk menikmatinya. Buat kamu yang belum pernah mencoba, pastikan setidaknya sekali dalam seumur hidupmu untuk merasakan kesegarannya.
Bahan
Goyobod
60 g tepung hunkue
750 ml air
125 g gula merah, sisir
1 sdt garam
 
Kuah santan
1.000 ml santan, dari 1 butir kelapa
300 g gula merah, sisir
100 g gula pasir
½ sdt garam
2 lembar daun pandan, ikat/potong-potong

Isi
1 buah kelapa muda, belah dua, keruk daging buahnya
1 buah avokad, belah dua, buang bijinya, keruk daging buahnya
es serut/es batu

Cara membuat:
1. Goyobod: Siapkan loyang/pinggan berukuran 17 x 24 x 3 cm. Basahi bagian dalamnya dengan air matang, sisihkan. Larutkan tepung hunkue dengan sedikit air. Jerang sisa air, gula merah, dan garam hingga mendidih di atas api sedang. Angkat dari atas api, saring. Tuang kembali ke dalam panci. 

2. Masukkan larutan tepung hunkue ke dalam panci berisi air gula, masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih (meletup-letup). Angkat dari atas api.

3. Tuang adonan hunkue ke dalam loyang/mangkuk tahan panas. Biarkan hingga dingin. Keluarkan dari loyang/mangkuk. Potong-potong bentuk dadu ukuran 1 cm. 

4. Kuah santan: Rebus santan, gula merah, garam, dan daun pandan sambil ditimba-timba hingga mendidih. Angkat dari atas api, saring.

5. Siapkan mangkuk/gelas saji. Taruh 2 – 3 sdm goyobod dalam mangkuk/gelas. Tambahkan kelapa muda dan avokad. Tuangi kuah santan. Tambahkan es serut/es batu.

No comments:

Post a Comment

suling bambu

Suling Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian Berbagai macam suling. Suling  adalah  alat musik  dari keluarga  alat musik...